FROM ZERO TO BE HERO (I) : PEDAGANG ASONGAN ONLINE

Hari ini tepat satu tahun, terhitung saya resign dari kantor saya. Semula dari staf sekretariat, sekarang saya menjadi “penggangguran (unemployee)”, bisa dikatakan demikian. Saya gak berstatus apa-apa, selain sebagai pedang asongan online. 

ini nih toko online di instagram @mikala_aromatica. kami menjual produk-produk essential oil 100% pure,blended, dan produk-produk aromatherapy lainnya. Follow ya sist 😀

Screenshot_2017-02-20-20-21-59-1.png

Memutuskan untuk bewirausaha atau bahasa kerennya be an entepreneur, bukanlah pilihan banyak orang. Hanya sekitar 1% dari pekerja dengan status aktif yang mau memilih dunia ini sebagai tambahan penghasilan atau benar-benar  all out untuk menjalani dunia ini. Selain banyak tantangan dan resiko yang harus dihadapi, keputusan tersebut harus melewati “sidang” dari orang-orang terdekat kita. Ya, terutama orang tua.

Jujur, sebelum saya melangkah melakukan resign, banyak hal yang harus saya siapkan, mulai dari alasan, hingga hal-hal kecil lainnya, dan terutama bagaimana saya bisa meyakinkan orang tua saya terhadap keputusan ini. Walaupun, hingga saat ini orang tua saya masih belum setuju dengan keputusan ini. Karena saya melangkah dari nol, tanpa ada donatur dan kerja sama, serta tidak melalui riba. Keberanian melakukan langkah dari ZERO atau NOL ini karena saya yakin saya bisa bertumpu dengan kedua kaki saya sendiri. Insha allah. Padahal, saya juga masih memiliki tanggungan terhadap adik-adik saya.

Tumbuh sebagai kakak dari 4 adik yang masih sekolah, keberlanjutan pendidikan mereka diamanahi ke saya dan beberapa kakak saya. Karena orang tua saya sudah sepuh dan kami tidak ingin memberatkan mereka. Kami juga ingin mewujudkan cita-cita mereka untuk meng-S1- kan kami semua. Bagai tongkat estafet, ketika satu orang telah sukses meraih gelar sarjana, dia harus melanjutkan hal tersebut kepada saudara lainnya. Itu prinsip dalam keluarga saya. Kebetulah saya mempunyai tiga orang kakak. Adik saya yang pertama, alhamdulillah, sudah selesai kuliah dan nasib dia lebih baik dari kami, bisa dibilang seperti itu. Saat ini, dia berstatus PNS di Dinas Perikanan Kabupaten Buru. Adik saya yang ke dua saat ini sedang menjalani kuliah di semester akhir. Dia berkuliah di Universitas Muhammadiyah Malang. Tanggungan kuliah adik satu ini agak berat. Sementara, adik saya yang ke tiga masih belum kuliah. Dia sudah mencoba mengikuti tes masuk perguruan tinggi SBMPTN sebanyak dua kali, namun masih belum lolos. Saya agak cukup sedih dengan hal ini, lebih sedih lagi karena pilihan jurusannya adalah kedokteran. Taukan bagaimana biayanya? Mudah-mudahan bisnis kaka nih sukses ya dek. Kamu mau jurusan apa saja, silahkan. Sampai ke MARS PUN SILAHKAN. Adik ke empat saya masih berstatus sebagai siswa SMA.

Menimbang dan menimbang. Ketika saya ditanya pertama kali oleh bos saya, apa alasan saya untuk resign? saya tidak mengatakan bahwa saya ingin berwirausaha, tapi saya katakan bahwa saya ingin mengajukan S2. hmm maaf ya bos.  Memang-sih sebenarnya ada tujuan lain dari saya, yaitu ingin mengajukan beasiswa LPDP untuk s2 saya. Eh alhamdulillah, saya lulus beasiswa LPDP dalam negeri dan saat ini saya baru mau mendaftar di perguruan tinggi yang akan saya tuju.

Alasan diatas lebih diperkuat dengan pernyataan bahwa saya telah berkomitment mengabdi dikantor ini hingga saat ini saja. kata teman-teman saya, “kamu stress atau bosan?” “gak tau deh, mungkin dua-duanya” atau jangan-jangan saya sudah gila?” MUAK, JENUH, PLIN-PLAN, GALAU, MERACAU. COMPLICATED- lah. BODOH. FIKS!

Hingga saat ini pun, teman-teman saya masih menyesalkan keputusan saya tersebut. Saya juga gak habis pikir dengan kondisi saya saat ini, serba pas-pas-an dan terjepit. Penghasilan dan omset gak tetap. Jika ada pelanggang alhamdulillah, kalo tidak, hmm sepi, kantong kering. Karena ternyata bisnis online dari NOL itu agak berat. Apalagi konsepnya belum bagus dan belum berani melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Selain itu, saya masih tetap menanggung adik saya untuk kuliah dan dia mau wisuda tanggal 25 Februari 2017 ini. TAPI begitulah hidup. Saya sudah berani memutuskan, saya juga harus berani untuk maju ke depan. Saya yakin bahwa Allah akan melihat usaha saya dan rezeki manusia itu tidak akan tertukar. Buktinya, tanpa kerja saya bisa hidup selama 1 tahun ini dari usaha saya. dan walaupun hasil yang  saya peroleh sedikit, saya masih tetap bisa membantu ke adik-adik saya, mereka tetap bisa sekolah.

Kadang saya sendiri pun putus asa dan sedih. Namun, saya mencoba bangkit kembali dengan mengingat apa yang sudah saya lakukan bulan-bulan kemarin dan apa yang saya impikan kedepannya, baik buat keluarga, agama maupun untuk bangsa dan negara. Saya ingin benar-benar menjadi wanita yang bermanfaat dan hidup saya penuh keberkahan.

Hari ini, omset saya baru 10 juta perbulan, pada bulan februari ini. Omsetnya turun naik seperti ombak. Mungkin karena saya belum rajin promosi atau kejar target, masih belum dapat cara yang efektif, modal tipis, atau belum punya karyawan, atau barangkali saya juga belum menikah #eh ups. Jadi , saya belum semaju orang lain?

Kadang dalam doa saya selalu merintih. “Ya allah kapan jalan yang baik dan rezeki yang lancar berpihak kepada saya?. doa saya pun belum terwujud, tapi saya yakin Allah itu gak tidur dan gak tuli. Saya harus tetap semangat dan berjuang. Doa saya di tahun 2017 dan di akhir februai ini agar saya bisa dapat orderan dengan keuntungan yang besar dan tetap tiap bulannya. Jika belum dalam bulan ini, semoga bulan depan dan selanjutnya doa saya terwujud. Mudah-mudahan saya bisa kuliah sambil usaha. Kebetulan jurusan S2 yang akan saya ambil adalah jurusan Magister Bisnis. hmm..mengenai perjuangan meraih beasiswa akan saya tulis ketika sudah lulus masuk jurusan ya.

Mohon doa-nya, agar saya bisa sukses dan bisnis saya juga maju, toyib, dan berkah buat semua orang. Doa anda akan berbalik kepada Anda sendiri. Amiin.

 

Leave a Comment

