KULIT MU SAWO MATANG, PD AJA!

Apakah kalian mempunyai pengalaman seperti ini?

ketika kalian sedang bersama teman-teman, tiba-tiba ada yang menghampiri dan bilang “kok kamu hitam bangat?” dan tiba-tiba kamu merasa seperti langit mendung, kalian pun pundung, dan tersinggung?

Ah Lebay, memang agak lebay sih. Tapi itu hal yang pertama kali saya alami. Sebuah pertanyaan yang tidak mengenakkan. Karena pada pertama kali menginjakkan kaki di Kampus, saya belum pernah dengar lontaran pertanyaan konyol dan rasis seperti itu. #curhat#

Jujur, Dulu saya adalah seseorang yang sangat cepat tersinggung. Selain itu, saya juga sangat kaku serta penakut untuk membalas penghinaan atau apapun. Jurus andalan saya setiap menghadapi masalah, yaitu selalu diam dan tersinggung hehe. Padahal, sebenarnya saya bisa menjawab pertanyaan waktu tersebut dengan jawaban:  So What? Masalah buat lo? Rasis bangat sih kamu? DLL, maybe 😀 (maklum masih bocah)

Tapi kini saya bangga dan bersyukur dan ingin share, kenapa kita harus bangga dan bersyukur dengan kulit gelap kita.

Image result for anggun c sasmi

Anggun C Sasmi

Memiliki kulit yang lebih gelap bukanlah sebuah aib, namun adalah anugerah yang maha kuasa bagi orang Indonesia, terutama bagi yang tinggal di wilayah timur Indonesia atau yang bermukim dipesisir laut. Sebaliknya, kita harus bersyukur dan berbangga akan hal tersebut, karena:

Pertama, kulit sawo matang adalah ciri khas cantik eksotik Indonesia dan anugrah Indah dari tuhan yang maha kuasa. Pernahkah kalian lihat para bule yang rela berjemur dan ber-Tannin ria karena ingin berkulit gelap? bahkan mereka rela mengeluarkan uang yang banyak untuk melalukan semua itu. Disisi lain, ada beberapa negara yang memiliki trend dan stigma kecantikan yang berbeda dari negara kita. Contohnya Amerika. Bagi sebagian warganya, YANG BEKULIT GELAP ADALAH YANG CANTIK DAN “SEKSI”. Karena stigma demikian, Idol-idol dari bangsa afro-amerika seperti, RIHANA, MARIA CAREY, Zoe Saldana, dan lainnya menjadi primadona.

Indonesia gak usah dihitung deh, bisa angkut pake kontainer orang-orang “cantik” diatas hehe. Coba perhatikan artis Indonesia seperti Agnes Monica, yang sering terlihat gelap ketimbang putih dalam video konser di luar negeri. Bahkan Chef Farah Quen juga sering terlihat lebih eksotik. Yup, karena bagi orang luar, kulit sawo matang adalah kulit yang cantik dan uniq. Tak Heran jika Anggun C.Sasmi sering disebut sebagi Icon Eksotisme wanita Indonesia.

Dan sadar gak sih, kenapa Bule Belanda dan Bule lainnya suka menikahi orang Ambon, Batak dan orang-orang berkulit sawo matang? Plak.. Bangga gitu hehe

Jadi, kita tak perlu malu memiliki kulit sawo matang. Karena itu adalah ciri khas wanita Indonesia. Tugasnya kita adalah merawat dengan baik dan berkarakter baik, serta percaya diri. Kita akan terlihat manis, anggun, dan memesona.

Image result for hijab from afrika

wolipop.detik.com

Kedua, Kulit Sawo matang atau gelap lebih rentan terhadap paparan sinar matahari, sehingga efek penuaan dini dan kanker kulit pun bisa dihindari. guys? Fakta unik dan menarik dari kita yang berkulit gelap adalah banyaknya kadar melanin yang terkandung di dalam kulit membuat kulit kita lebih tahan terhadap paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar hingga kanker kulit. Namun, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan pelindung (SPF). Yup, Kita harus tetap menggunakan SPF, namun dengan kadar yang tidak terlalu tinggi. Apalagi dengan semakin tinggi pemanasan global kedepannya, kadar sinar UV juga akan semakin tinggi. Nah, bagi yang berkulit putih, agak riskan dan harus membutuhkan pelindung yang banyak.

Ketiga, Warna kulit mu tidak harus diganti dan dirubah? namun cantik hati dan karakter dirimu lah yang harus dirubah menjadi lebih baik.

Image result for muslimah sawo matang

sumber : source

Menjadi sawo matang dan tetap mempertahankannya membuat kita lebih berprinsip dan berkarakter. Jadi kita tidak usah khawatir bahwa dengan berkulit gelap, pria akan mempertimbangkan lebih dalam untuk menikah?. Hmm Jodoh itu bukan sesuai dengan warna kulit kita, namun sesuai dengan karakter kita. Banyak kok pria diluar sana yang malah mencari para wanita yang kuat prinsipnya dan berkarakter baik. Jadi fokuslah pada hati dan akhlak mu, bukan kulit mu.

Yakinlah bahwa ukuran cantik tidak seperti apa yang disampaikan iklan pemutih kulit yang banyak berseliweran di berbagai media. Karena kebanyakan iklan tersebut adalah propaganda oleh pembuat produk untuk melariskan dagangannya. Apakah ada bukti bahwa ketika orang Afrika menggunakan krim pemutih kemudian kulitnya berubah seperti orang Barat? Walaupun dipaksakan dengan sejumlah perawatan dan treatmen seperti suntik putih dan lainnya. Hasilnya akan terlihat : Dia-Bukan- Dia- yang sesungguhnya. Masih ingat dengan penyanyi Pop terkenal?, Almarhum Mc. Jackson?

Yup..percaya dirilah dengan apa yang Allah anugerahkan. Bangga dan Pe-De dengan apa yang kita miliki adalah suatu bentuk syukur dan wujud keberanian untuk bisa jadi diri sendiri. Bukannya tuhan menciptakan setiap manusia beragam? pasti juga punya beragam makna dan ukuran? Dan Kelayakan dihadapan-Nya adalah ukuran takwa dan baiknya akhlak dan hati, bukan ukuran fisik.

Ingat, Jangan merasa hina dengan kulit gelap mu, Karena Allah sendiri tak pernah sebut apapun dalam alquran bahwa yang berkulit cerah itu AHLI SYURGA 😀

 

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s