Pengalaman Ikut Tes Di Sakamoto

Pengalaman Ikut Tes Di Sakamoto

screenshot_2016-12-24-18-45-42-1-1

Cuma mau share pengalaman ikut tes untuk menjadi pengajar di Sakamoto hehe..

Awalnya saya dapat informasi mengenai lowongan pengajar ini dari Website Karir Alumi, Universitas saya. Setelah lihat persyaratan yang diminta, ah kelihatanya mudah. Yang diminta cuma mengajukan CV saja. Setelah satu minggu, saya dapat SMS pemberitahuan seperti diatas untuk mengikuti tes besok. Besok? mampus gw. Ya, saya benar-benar belum siap, apalagi saya tidak punya pengalaman mengajar matematika sebelumnya dan juga bukan lulusan matematika.

Bayangkan sudah 3 tahun saya tidak pernah pegang buku apapun, termasuk matematika. Dalam bayangan saya, soal ujian pengetahuan dasar yang akan diujikan pada besoknya itu seperti soal ujian masuk perguruan tinggi atau universitas. Huft sempat panik dan hopeless, karena saking khawatir gak bisa dan saya kelihatan oon-nya :D.

Malam-nya saya coba-coba buka lagi materi pengetahuan dasar, saya mencoba tenang dan berpikir, ah mungkin saja yang dimaksud dengan Ujian Matematika dasar itu untuk anak SD. Saya coba buka web SAKAMOTO dan disana saya temukan banyak contoh-contoh soal. Saya coba menebak-nebak. Sebenarnya mudah sih kalo dilihat dari sola-soal dalam web situ. Saya agak sedikit tenang dan yakin kalo saya bisa ikut ujian besok.

Besok paginya saya berangkat dari Depok jam 8.00. Hello.. saya pikir bisa sampai tepat waktu. Ternayta.Alamak, baru sampai di stasiun Duri, waktu udah pukul 10.00. Mampus gw.. telat gw. huft.

saya coba sms pihak sakamoto dan minta maaf jika saya agak terlambat, dan saat ini saya masih di stasiun Duri. Deg-Degan.. hampir saya mau balik lagi ke Depok karena lama banget baru dibalas oleh HRD Sakamoto. Alhamdulillah..

Saya turun di stasiun Tangerang dan naik angkot dua kali ke kantor pusat Sakamoto, di Ruko Pinangsia, Karawaci. Pas saya lihat jam, ya allah ternyata udah jam 12.30. Buset.. saya terlambat 2.5 jam haha. Tapi bodo amat, saya tetap datang dan lapor. Eh ternyata ada juga yang telat dan saya yang paling terkahir hehe. walhasil dalam ruangan tes, cuma ada saya sendiri.

Mengenai tes.. hmm..  ini agak suprise juga, karena baru pertama kali dan gak ada persiapan sedikit pun. Si mba cantik HRD datang keruangan bawa Stopwatch loh dan disetting pas 30 menit, gak ada waktu tambahan.huft..

Saya belum disuruh buka lembar soal, tapi diminta untuk mendengarkan arahan. Kata mba HRD, waktu tes cuma 30 menit. “Langsung menjawab soal tanpa ada perhitungan dalam lembar jawaban”. Harus bisa membedakan “per” dan tanda titik ganda, karena fungsinya beda. Haduh bingung saya, mana soalnya belum bisa dibuka lagi. Pas dibilang “paham?”, saya cuma mengangguk ya paham. binggung mau tanya apa lagi :D.

Waktu tes dihitung ketika mulai membuka lembar soal. Mungkin karena saya rada panik, saya benar-benar lupa jumlah soalnya ada berapa? wakwak.. sampai sekarang saya bahkan tidak ingat berapa jumlah total dari soal yang harus dikerjakan selama 30 menit. sumpah. saking paniknya, sampai saya lupa baca bismillah. hmm..

Sekedar kisi-kisi nih, soal terdiri atas :

  1. konversi satuan dari liter ke kilo liter
  2. Konversi dari kg ke gram dan meter ke km dan sebaliknya
  3. penjumlah, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan
  4. urutan angka dari yang terbesar ke terkecil. tapi angkanya dalam bentuk pecahan o,5 dan 4/6 (misalnya). Diurutkan mana yang paling besar dan terkecil.
  5. Konversi waktu
  6. Pengurangan angkat 0,0009 (misalnya) ke 1.8 dll (contohnya seperti itu). Saya lupa

Dari semua soal itu, ada beberapa soalnya yang gak kejawab dan hanya ada satu soal yang saya ingat dengan jelas sampai sekarang. Soal itu pun soal terakhir dan gak bisa saya jawab karena waktu habis :(. Padahal jenis soal itu, pada malam-nya sudah saya coba pelajari dan mengerti cara penyelesaianya. Eh pas lihat soal ujian, kok gak dapat-dapat hasilnya dan binggung. hiks-hiks. Akhirnya teng. Waktu habis. huft. Setelah ujian baru saya coba menyelesaikannya dan ketemulah jawaban versi Saya hehe.. wallahu alam benar apa salah.

Penasaran soal terkahir tes masuk sakamoto? Cekidot :

Soalnya saya tulis dengan tangan saja ya.

Pertanyaannya : Lengkapi kotak-kotak kosong di bawah ini sehingga jika dijumlahkan setiap kolom, baris dan diagonalnya bernilai sama.

20161224_195032

Nah guys, dengan pertanyaan diatas cara menjawabnya gimana?

Ini jawaban menurut saya, total semua angka diatas adalah 2o dan ada 6 kotak kosong. Ingat semua sisi harus sama jumlahnya, begitu juga dengan diagonalnya.

Hmm Pasti kalian tebak totalnya 20 ya? yup, saya juga pikir seperti itu. Ternyata dengan menjawab 20, semua baris dan diagonal gak bisa terisi. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa semua total angka, baik secara horizontal maupun vertikal dan pada diagonalnya yaitu 15. KOK BISA 15? Yup, Caranya sebagai berikut :

  1. Kotak yang akan kita lengkapi pertama kali adalah kota kosong sebelum angka 9. Jadi, untuk mendapat total angka 15, jumlahkan semua angka yang tersedia dan bagi dengan 5. Angka 5 didapatkan dari jumlah kotak kosong setelah angka 9, 8 dan 3.
  2. Hasil yang didapat adalah angka 4. Selanjutnya, angka ini dicantumkan pada kotak kosong sebelum angka 9. Jadi, hasil yang didapatkan secara vertikal 15.
  3. Untuk melengkapi kotak lainnya, harus satu demi satu. Pertama, lengkapi kotak horizontal dengan menjumlahkan angka 9 dan 4. Hasilnya adalah 13. Nah untuk menggenapkan menjadi 15, kita harus kurangi angka 15 dengan 13, jadi hasilnya adalah 2. Angka 2 ini ditulis setelah angka 9.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengerjakan sisi diagonal yaitu antara angka 2 dan 8. Diantara dua angka tersebut, kita isi dengan angka 5. Ingat, 15 dikurangi dengan 10.
  5. Dan selanjutnya.. hingga lengkap. Jika diperhatikan urutan pengerjaanya, semua sisi akan seimbang dan terisi dengan angka yang jika ditotalkan berjumlah 15

Mudah bukan? iya kalo lu kagak panik dan waktunya tercukupi.

Semoga informasi ini bermanfaat 😀

.

2 thoughts on “Pengalaman Ikut Tes Di Sakamoto

  1. Trus keterima jadi pengajar di Sakamoto gak mba?

    Bagiku yg dr kramat jati Sih jauh banget buat ke Ruko Pinangsia.. tp info ngeteng KRLnya bener2 ngebantu Lho ^__^ thank you (y)

    Like

Leave a Comment

